You are currently viewing Perbanyak Beramal Untuk Mencari Ridhonya Allah SWT

Perbanyak Beramal Untuk Mencari Ridhonya Allah SWT

Hosting Unlimited Indonesia

Mencari-ridhonya-allah

  • Perbanyak Beramal Untuk Mencari Ridhonya Allah SWT

Setiap Insan harus menyadari bahwa tempat kembalinya adalah di akhirat,dunia yang kita tinggali sekarang ini adalah tempat mencari bekal untuk di bawa ke akhirat kelak.

Layaknya seorang musafir yang sedang berpergian munuju kampung tujuanya maka sorang musafir itu pasti akan berhenti untuk beristirahat, di tempat peristirahatanya sorang musafir pasti akan meregangkan tubuhnya,memakan makanan bekal yang di bawanya agar badanya segar kembali untuk melanjutkan perjalanannya tersebut.

Begitu juga dengan kita semua pasti akan kembali ke kampung halaman kita,

Kampung halaman yang abadi yang hakiki yaitu kampung akhirat bukan kampung dunia. Dunia adalah tempat kita bercocok tanam,tempat kita mencari amal, sedangkan akhirat adalah tempat dimana kita memetik hasil dari bercocok tanam tersebut tempat dimana kita menikmati hasil amal yang kita peroleh selama kita di bumi.

di bumi inilah tempatnya kita mecari amal,tempatnya mencari bekal sebanyak banyaknya, ketika kita mendapat peluang untuk beramal maka segera lakukanlah dan Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam Sangat menyukai orang orang yang gemar beramal,dan amalan apa yang di cintai oleh allah swt

Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda :

Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu edikit.

Dari hadist ini beliau menganjurkan agar dalam kita beramal untuk merutinkanya walaupun itu sedikit.

Dari ’Aisyah, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

Hosting Unlimited Indonesia

Wahai sekalian manusia, lakukanlah amalan sesuai dengan kemampuan kalian. Karena Allah tidaklah bosan sampai kalian merasa bosan. (Ketahuilah bahwa) amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang kontinu walaupun sedikit.

Keterangan mengenai hadis ini dari ulama Ibnu Rajab Al Hambali mengatakan, ”Yang dimaksud dengan hadits tersebut adalah agar kita bisa pertengahan dalam melakukan amalan dan berusaha melakukan suatu amalan sesuai dengan kemampuan. Karena amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah amalan yang rutin dilakukan walaupun itu sedikit.”

Maka dari itu mari jadikan dunia ini adalah tepat dimana untuk mencari ridhonya allah SWT.

Allah berfirman di dalam surah al hadid ayat 20 :

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا ۖ وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ ۚ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُور

Artinya : Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (QS. Al-Hadid : 20)

Dari ayat di atas sudah jelas allah katakan bahwa kehidupan di dunia hanyalah kesenangan yang menipu. semua yang ada di dunia ini sifatnya hanya sementara saja, tidak ada yang kekal, manusia akan kekal di akhirat kelak karna akhirat adalah kampung terakhir kita.

Maka dari itu mari kita beramal sebanyak banyaknya agar kita kelak di akhirat di masukan ke dalam jannahnya allah SWT. Dimana tempat yang memberikan kenikmatan yang belum pernah dirasakan di dunia dan sebagai balasan untuk amalannya yang mengikuti perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Semoga Bermanfaat dan semoga kita selalu diberi kemudahan untuk menjalankan perintah-perintah allah dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Tinggalkan Balasan